Perbedaan layar OLED dan AMOLED

OLED dan AMOLED adalah dua jenis layar yang biasa digunakan oleh merek smartphone untuk ponsel andalannya, namun umumnya layar ini juga digunakan di perangkat elektronik lain seperti TV, AMOLED untuk varian 4G serta ponsel flagship lainnya. Apakah ini?Alasannya tidak lain  karena kedua layar tersebut merupakan teknologi layar terbaik yang ada saat ini, karena pada artikel kali ini kami akan menjelaskan beberapa data terkait OLED dan AMOLED secara umum.

LAYAR OLED :

Layar OLED Dapat Mengurangi Bobot Smartphone

Hal terpenting dari layar OLED ini adalah mampu mengurangi bobot smartphone  dibandingkan  layar IPS, LED bahkan LCD karena OLED menggunakan panel organic yang lebih tipis dan fleksibel.

Layar OLED Desain Tipis

Keunggulan OLED selanjutnya adalah desainnya yang super tipis. Itulah salah satu alasan mengapa banyak ponsel andalan yang  ringan dan tipis tetapi memiliki baterai yang sangat besar. Layar OLED  super tipis dapat mengurangi jejak ponsel sehingga baterai besar dapat muat di dalamnya.

Layar OLED Lebih Terang

Kerapatan warna yang dihasilkan dari layar dengan OLED sangat mengesankan. Ini adalah keuntungan yang diperoleh dari desain ramping yang dijelaskan sebelumnya. Nah, karena desainnya yang ramping, produsen smartphone bisa menambahkan panel tambahan yang bisa meningkatkan kecerahan layar.

Layar OLED Tidak Ada Kebocoran Cahaya

Dibandingkan dengan jenis layar LCD atau LED, OLED cenderung tidak bocor cahaya. Pasalnya, layar ini tidak memerlukan backlighting atau lampu latar. Piksel demi piksel dalam OLED dapat memancarkan cahayanya sendiri. Berbeda dengan LCD dan LED yang membutuhkan backlighting.  sehingga sering terjadi kebocoran cahaya di sisi layar.

Layar AMOLED :

Layar Amoled Desain Super Tipis

Sama seperti OLED, AMOLED juga memiliki desain yang super Tipis. Bahkan bisa lebih tipis dari OLED. Seberapa tipis? Mungkin 0,001mm dan tanpa mengurangi ketajaman dari warna dan gambar. 

Layar Amoled Tetap tajam DIbawah Sinar Matahari

Seperti yang  kami sebutkan sebelumnya, layar AMOLED memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menampilkan gambar di bawah sinar matahari langsung karena piksel di layar ini memancarkan cahayanya sendiri, dan kerapatan piksel serta desain super tipis berarti cahaya dipantulkan, diregangkan, dan diberi tekanan. layar permukaan layar Hal ini membuat  layar sangat cerah dan ketajaman tidak terpengaruh bahkan di bawah sinar matahari.

Perspektif Tampilan Layar Amoled yang Lebih Luas

Buat kamu yang punya TV atau HP  layar AMOLED, coba  lihat dari posisi 180 derajat. Masih jelas kan? Ini adalah keuntungan paling menakjubkan dari layar AMOLED. Tidak menjadi abu, dan Warna lainnya sama seperti yang Anda lihat dari posisi normal.

Penggunaan Daya Yang Hemat

Layar masih merupakan perangkat elektronik yang membutuhkan daya untuk bekerja, termasuk layar AMOLED. Menurut informasi, ponsel yang menggunakan layar AMOLED dapat mengurangi konsumsi daya sebesar 20% hingga 40%  dibandingkan  layar biasa.

Mempunyai Lapisan Pelindung

Karena desainnya yang super tipis, layar AMOLED seringkali memiliki lapisan pelindung yang membuatnya tahan gores. Jadi jika Anda memiliki perangkat elektronik yang sudah menggunakan layar AMOLED, Anda tidak perlu  memasang anti gores atau tempered glass.

Nah itulah Perbedaan dari layer Oled Dan Amoled, Jadi kalian lebih suka pakai layer apanih untuk handphone kesayangan kalian? Yuang pastinya sesuai dengan kebutuhan kalian ya! Karena kelebihan dan kekurangannya pasti ada disetiap handphone!